rawkcarpark

malaysia dikecam lagi

In berita pantas, dilema media on November 28, 2007 at 2:07 pm

Ratusan Mahasiswa Ponorogo Kecam Malaysia

Selasa, 27 November 2007
 
Ponorogo, Selasa–Ratusan mahasiswa Universitas Islam Sunan Giri (Unsuri) dan Institut Agama Islam Riyadatul Mujahidin Ponpes Walisongo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Senin berunjuk rasa mengecam Pemerintah Malaysia yang mengklaim kesenian reog.

Para pengunjuk rasa tersebut melakukan long march mulai dari kampus Unsuri menuju alun-alun kota dan dilanjutkan ke Gedung DPRD Kabupaten Madiun dengan membawa sejumlah tulisan berisi kecaman terhadap Pemerintahan Malaysia. Selain itu, mereka juga membakar dua bendera Malaysia.

Koordinator aksi, Fahrizal, mengatakan pembakaran bendera tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan mahasiswa selama ini terhadap Pemerintah Malaysia yang melakukan penjiplakan terhadap tarian Reog yang selama ini menjadi warisan leluhur masyarakat Ponorogo.

“Hal ini sudah sangat keterlaluan karena setelah gagal mengklaim lagu daerah rasa Sayange beberapa waktu lalu, kini pihak Malaysia kembali mengklaim tarian kesenian reog asal Ponorogo,” katanya.

Untuk itu, kami meminta kepada pemerintah setempat untuk tegas menyikapi persoalan ini dan diharapkan bisa segera mencari tahu alasan pemerintah Malaysia mengklaim reog asli Ponorogo tersebut.

Salah seorang seniman Reog Ponorogo, Sodik,  mendukung perjuangan para mahasiswa Unsuri dan Institut Agama Islam Riyadatul Mujahidin Ponpes Walisongo itu.

Ia mengatakan hanya dengan kata “lawan” kepada Pemerintah Malaysia untuk menyelesaikan masalah tersebut melalui jalur hukum.

Menaggapi hal itu, wakil ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Boking Hasan, akan menyampaikan aspirasi para pengunjuk rasa itu dengan menyampaikanya ke pemerintah daerah dan pusat.

“Kami akan sampaikan aspirasi tersebut agar pemerintah  bertindak tegas menyelesaikan persoalan tersebut,” katanya.

Dipetik dari: www.kompas.com 

Sumber: Antara
Penulis: jodhi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: